Kamis, 11 November 2010

SEBERAPA PENTING MUTU PELAYANAN KEBIDANAN?


Tugas Dosen Zahrul Azhar


Mutu merupakan gambaran total sifat dari suatu produk atau jasa pelayanan yang berhubungan dengan kemampuannya untuk memberikan kebutuhan kepuasan (American Society for Quality Control).

Slide 4
ÄMutu sebagai keistimewaan Produk 
Di mata pelanggan : semakin baik keistimewaan produk semakin tinggi mutunya.Mutu berarti bebas dari kekurangan (defisiensi); di mata pelanggan semakin sedikit kekurangan, semakin baik mutunya.
 Arti mutu pelayanan kebidanan dari beberapa sudut pandang:
1.Pasien/masyarakat: suatu empati, respek dan tanggap akan kebutuhannya, ramah, efektif meringankan gejala penyakit & efektif mencegah penyakit
2.Provider: bebas melakukan segala sesuatu secara profesional untuk meningkatkan derajat kesehatan sesuai ilmu pengetahuan dan keterampilan yang maju, mutu peralatan yang baik dan memenuhi standar yang berlaku
3.Manager/administrator: fokus pada mutu mendorong untuk mengelola staf, pasien dan masyarakat secara baik.


Pelayanan Kesehatan Yang Bermutu Masih Dari Harapan Masyarakat Serta Berkembangnya Kesadaran Akan Pentingnya Mutu Pelayanan Kesehatan itu sendiri.

Jadi Slide 5mutu pelayanan kebidanan sangatlah penting karena meningkatkan kepuasan pelanggan,membuat produk mudah laku dijual,memenangkan persaingan.
Mutu yang lebih tinggi akan mengurangi tingkat kesalaha,mengurangi pekerjaan ulang dan pemborosan, mengurangi ketidakpuasan pelanggan.
Suatu mutu harusnya direncakan atau ditahap.

Dan mutu adalah sebuah KEPUASAN..

Slide 27
Kepuasan adalah tingkat keadaan yang dirasakan seseorang yang merupakan hasil dari membandingka penampilan atau outcome produk yang dirasakan dalam hubungannya dengan harapan seseorang
( philip kotler )Slide 27


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer

Cari Blog Ini